Minggu, 02 Mei 2010

Secerca Cerita

masih sangat ingat 2 desember 2007 seorang perempuan yang masih terbilang remaja di operasi. banyak dugaan-dugaan dari beberapa dokter tentang penyakit yang di deritanya. dari mulai abses, gejala tumor, kanker, sampai tbc kulit. kurang lebih 7 bulan ia memendam rasa sakitnya, dan menyembunyikan benjolan yang lumayan di bilang besar di ketiak sebelah kanan nya. sampai pada akhirnya ia ga kuat lagi untuk menahan sakit dan mengadu semua ke orang tuanya. semua panik. semua takut. 2 bulan sebelum operasi, benjolan yang dulu yang menghinggap di ketiak sebelah kanan, kemudian pindah ke lengan sebelah kiri. keadaan semakin kacau. sampai akhirnya di operasi lah gadis ini. menurut hasil observasi dokter, dia mengidap pembengkakan kelenjar getah bening. semua merasa tenang karena itu bukan suatu hal yang menakutkan.

sebulan setelah operasi gadis ini merasa ada perubahan pada tangan sebelah kanannya. ia merasa tangan kanannya perlahan mulai membengkak. terlihat dari tangannya bila di bandingkan dengan tangan kirinya. keduanya berbeda, tangan kanan lebih besar daripada tangan kiri. ia kemudian mengadu ke dokter yang telah mengoperasinya tentang kejadian ini. dokter berkata bahwa peredaran darah di tangan kanannya tidak lancar karena terjadi penjepitan pembuluh darah dengan kelenjar getah beningnya. kata dokter hal ini bisa di perbaiki hanya dengan memijit tangannya dengan rutin.

tiga bulan setelah operasi lagi lagi gadis ini mengalami masalah dengan tangannya. kini ketiak yang dulu bekas di operasi mengalami benjolan lagi. semua panik lagi. semua takut lagi. akhirnya gadis ini ke dokter dan mengadu lagi. kata dokter hal ini di sebabkan karena si gadis terlalu membawa beban berlebih dengan menggunakan tangannya. jadi si gadis ini kata dokter tidak boleh membawa beban lebih dari sekitar 3kg, kalau hal ini terjadi maka akan terjadi pembengkakan lagi di tangannya yang akan menyebabkan keluarnya nanah dan segala jenisnya.

enam bulan setelah operasi gadis ini merasa tidak ada perubahan di tangannya. yang ada hanya bengkak sebelah. tangan kanan dantangan kirinya terdapat perbedaan, besar sebelah. dengan sangat berat gadis ini ke dokter lagi. dan dokter pun hanya berkata. ini semua sudah terlambat. sudah terlalu banyak cairan yang menumpuk di tangan kanan. dan tidak bisa di akali lagi.

setelah kejadian itu, semua keluh kesah tangan bengkak, ada benjolan lagi, dia rasakan sendirian. ingin rasanya kembali mengadu ke dokter, tapi rasanya masih sakit hati gadis ini untuk kembali ke dokter yang telah membuat tangannya besar sebelah.

apakah dokter tidak memperhitungkan segala resiko bila mengambil sebagian kelenjar getah bening yang akan menjepit pembuluh darah itu? apakah dia masa bodo dengan apa yang gadis ini alami? apakah tidak ada solusi lain dengan mengambil atau hanya sekedar membenahi aliran darah ini?

kecewa, sedih, kesal semua ada di gadis ini rasakan hingga saat ini. mungkin gadis ini sudah lupa sudah berapa kali ia merasakan sakitnya bengkak lagi, sudah lupa merasakan ketidaknyamanan dengan tangan besar sebelah, sudah lupa dengan rasa sakit yang hampir tiap malam mampir di sela-sela tidurnya, dan sudah lupa akan rasa memaafkan ke dokter yang telah membuatnya seperti ini. yang ada hanya rasa terimakasih atas semua cindera mata hasil dari operasi yang terbilang tidak terlalu gagal ini.

Terima Kasih, Dokter



Best regards,
Nadira Saraswati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar